-->

'Sabun Colek', Solusi Jika Rem Tromol Kurang Pakem


Melihat berbagai sumber, dalam mengatasi masalah rem tromol sepeda motor yang sudah tidak pakem lagi, selain menggantinya dengan part baru bisa dengan cara yang cukup sederhana dan murah. Cara tersebut yakni dengan mengoleskan sabun colek pada daleman tromol dan kampas rem.

Benarkah sabun colek bisa meningkatkan daya redam rem tromol yang sudah berkurang?

Meski belum ada penjelasan ilmiahnya, namun cara ini banyak dilakukan berdasarkan pengalaman langsung. Berbagai sumber juga menyebutkan jika sejumlah montir bengkel juga menggunakan cara ini ketika kampas rem tromol dianggap masih tebal.

Seperti yang dilakukan Eko, punggawa bengkel di bilangan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang biasanya ramai disambangi oleh komunitas motor-motor tua. Ia mempunya pengalaman menggunakan sabun colek pada kampas rem motor jadul BMW.

"Setelah dipakein sabun colek, kinerja rem jadi mantep lagi," ujar Eko, dikutip dari GilaMotor 07/08.


Namun penggunaan sabun colek pada kampas rem ini ada juga yang menganggapnya 'kurang aman'.

"Menggunakan sabun colek pada rem tromol tidak aman, karena jika terkena air atau hujan dikhawatirkan, rem malah bertambah licin," dikutip dari Motogokil 07/08.

Menurut sepengalaman penulis, cara ini memang ampuh dalam meningkatkan daya redam gesekan tromol alias roda jadi tambah pakem. Waktu itu cara ini diterapkan pada pengereman tromol motor jadul Honda C70 lansiran 1973.

Mengenai masalah ditakutkan tambah licin jika terkena air ketika motor dicuci atau kehujanan. Hal ini sangat jarang terjadi sebab sabun colek dioleskan pada dalam ruang tromol yang tertutup.


Untuk penerapan cara ini juga cukup mudah. Pengereman tromol pada roda sepeda motor yang sudah berkurang daya cengkramnya harus dibongkar terlebih dahulu.

Setelah tromol terbuka, bersihkan daleman tromol dengan kuas atau kain. Kemudian untuk kampas remnya bersihkan dengan sikat kawat.

Perlu diingat, keramik pada kampas rem juga harus masih memiliki ketebalan yang dirasa cukup.

Ketika semua bagian rem tromol sudah bersih, siapkan sabun colek untuk dioleskan pada kampas rem dan juga daleman tromol. Selesai mengoleskan, kembalikan lagi bagian demi bagian part tromol seperti semula.

Selesai, putar roda perlahan kemudian tekan tuas rem. Cari settingan kerenggangan rem yang tepat, roda masih berputar dengan lancar, dengan sedikit menarik tuas rem roda sudah berhenti. Setelah itu baru lakukan pengetesan dengan mengendarai motor.




0 Komentar 'Sabun Colek', Solusi Jika Rem Tromol Kurang Pakem

Posting Komentar

Back To Top